Bidang I (Penalaran, Keilmuan, dan Infokom)

Workshop

Workshop yang diadakan oleh Bidang I HMKM FK Unud terdiri atas dua bagian, yaitu:

  1. Workshop Kemah Akbar

Workshop Kemah Akbar diadakan pada saat sebelum melaksanakan Kemah Akbar dengan peserta mahasiswa baru dengan bertujuan memberikan edukasi dan informasi bagaimana cara untuk dapat terjun ke masyarakat dengan baik dan benar. Workshop kemah Akbar diisi dengan materi yang relevan bagi kesehatan masyarakat

2. Workshop Banjar Sehat

Workshop Banjar Sehat diadakan pada saat sebelum melaksanakan Banjar Sehat dengan peserta mahasiswa baru dengan bertujuan memberikan edukasi dan informasi bagaimana cara untuk dapat terjun ke masyarakat dengan baik dan benar. Workshop kemah Akbar diisi dengan materi yang relevan bagi kesehatan masyarakat.

Creative Writing Competition dan Video Edukasi Kesehatan

  1. Creative Writing Competition

Creative Writing Competition (CWC) merupakan suatu  kegiatan  kompetisi esai ilmiah populer yang pelaksanaannya berdifusi dengan rangkaian acara AKA PSKM 2016. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kepedulian generasi muda dalam  menanggapi  isu atau  masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat melalui tulisan yang berisi gagasan, ide, ataupun solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan ini juga sebagai bentuk  perwujudan promosi kesehatan kepada masyarakat khususnya generasi muda, sehingga nantinya diharapkan dapat berperan aktif dalam menangani masalah kesehatan  masyarakat yang terjadi dan  menjadi lini terdepan dalam mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

2. Video Edukasi Kesehatan

Media penyalur informasi kesehatan saat ini tak hanya berbentuk poster maupun brosur, namun sarana informasi tersebut kini telah berkembang sesuai jaman. Saat ini sarana yang melibatkan audiovisual sangat digandrungi dan terlihat efektif dalam penyampaian informasi kesehatan kepada masyarakat. Sarana audiovisual yang dimaksud dapat berupa film maupun video. Dengan perkembangan tersebut, HMKM memeberikan wadah dan penghargaan kepada generasi muda khususnya siswa SMA untuk mengembangkan bakat serta kreativitasnya dalam bidang pembuatan video dimana video yang dimaksud adalah video promosi kesehatan.

SDFK Tingkat Program Studi

Sebelum menghadapi dunia perkuliahan umunya calon mahasiswa tersebut mendapatkan perkenalan secara umum mengenai situasi kampus, perkenalan staf pengajar, hingga belajar menyesuaikan diri sebagai mahasiswa nantinya. Hal ini berlaku pula di FK UNUD, calon mahasiswa baru diwajibkan mengikuti kegiatan OSPEK sebagai awal perkenalan memasuki dunia perkuliahan.  Dengan adanya kegiatan Student Day FK yang diselenggarakan FK Unud sendiri, maka masing-masing program studi di lingkungan FK UNUD juga mendapatkan kewajiban untuk memberikan perkenalan tersebut khususnya memperkenalkan masing-masing program studinya termasuk PS. Kesehatan Masyarakat

Artikel Kesehatan

Berbagai macam penyakit selalu timbul dan dapat menyerang siapa saja. Dimulai dari penyakit infeksi maupun non infeksi. Minimnya sumber informasi yang valid ditengah masyarakat malah menghadirkan mitos dan anggapan yang berbeda. Dengan timbulnya persepsi masyarakat yang cenderung keliru serta berlebihan, HMKM FK Unud berusaha menciptakan sebuah artikel dengan tema berbagai macam jenis penyakit yang tengah menjadi polemik di masyarakat, artikel yang akan ditulis mencari dari sumber terpercaya dengan harapan informasi kesehatan yang masyarakat akses dapat memberikan pengetahuan yang semestinya.

Informasi Pendidikan

Informasi Pendidikan bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan dirinya dalam perlombaan yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat dan juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa. PIC yang bertugas memiliki tugas untuk melakukan kerja sama dengan Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM FK Unud untuk mencari informasi mengenai beasiswa dan untuk PIC perlombaan dapat melakukan kerjasama dengan IOMS PSKM FK Unud dan/atau mencari referensi dari teman untuk mendapatkan informasi perlombaan yang berhubungan dengan ilmu kesehatan masyarakat. Setelah PIC melakukan pencarian dan validasi, PIC yang bersangkutan memberikan hasil data valid beasiswa dan perlombaan kepada Sagung Ratu yang kemudian akan disebarluaskan melalui akun media sosial HMKM FK Unud.

Mading HMKM

  1. Mading Kantin FK

Fungsi Bidang I HMKM dalam pembuatan Mading HMKM di areal kantin FK merupakan wadah dari HMKM untuk menginformasikan dan mempublikasi kegiatan terkait HMKM FK Unud serta informasi penting lainnya.

2. Mading Open House dan SDFK

Pentingnya media penyalur informasi melalui mading sebagai pengenalan Program Studi Kesehatan Masyarakat agar siswa-siswi pada saat Open House FK maupun mahasiswa baru pada saat PSFK 2016 mengetahui informasi terkait PSKM dan HMKM.

Media Penyalur Informasi Kesehatan

Media Sosial digunakan juga sebagai media penyebaran Informasi Kesehatan Masyarakat mengingat sedang gencarnya perkembangan era digital. Hal tersebut dilakukan agar HMKM lebih dekat dengan mahasiswa PSKM dan masyarakat secara umum. Media sosial yang digunakan yaitu website, twitter, instagram, facebook dan line official. Informasi yang diberikan pada media tersebut sama. Adapun berbagai macam informasi yang akan di publish melalui media sosial tersebut yaitu:

1. Publikasi kegiatan – kegiatan HMKM FK Unud 

2. Publikasi informasi beasiswa FK UNUD

3. Hari tematik yang meliputi hari – hari penting kenegaraan, hari raya, serta hari yang berkaitan dengan kesehatan

4. Publikasi mengenai prestasi mahasiswa PSKM baik akademik maupun non akademik

5. Informasi lomba – lomba yang berkaitan dengan ilmu kesehatan masyarakat

6. Artikel kesehatan

7. Surat Biru Muda

 

Surat Biru Muda

Surat biru muda merupakan sebuah profil ataupun biografi singkat dari seorang narasumber yang tak lain merupakan alumni dari PSKM FK UNUD yang telah menorehkan prestasi gemilang. Surat biru muda merupakan wujud pengharagaan pada alumni yang telah mengharumkan nama PSKM di tingkat pekerjaan mereka dan menduduki posisi terbaik di lingkungan pekerjaannya.

Mahasiswa Berprestasi

Mengirim delegasi dan mempublikasikan mahasiswa berprestasi PSKM FK Unud merupakan wadah agar mahasiswa PSKM FK UNUD bisa memotivasi dirinya untuk lebih berprestasi dan selain itu agar dapat memajukan nama PSKM FK UNUD.