Hari Anak Nasional
BAKTI SOSIAL HAN 2017 “Satukan Langkah Kecil Bersama Kita Sehat, Cerdas, Ceria”
Juli 4, 2017
0

S__3678216 S__3678217

Bakti Sosial HAN 2017 merupakan rangkaian acara pertama yang diselenggarakan oleh Divisi Khusus KMP-KIA HMKM FK Unud dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2017. Kegiatan yang bertemakan “Satukan Langkah Kecil Bersama Kita Sehat, Cerdas, Ceria” berlangsung pada hari Minggu, 2 Juli 2017 bertempat di Panti Asuhan Kesayan Ikang Papa, Gianyar. Panti asuhan tersebut merupakan panti yang mengasuh anak-anak dengan keterbatasan.

Acara dimulai dengan laporan dari ketua panitia kemudian sambutan oleh ketua HKMKM, ibu asuh dari panti Asuhan Kesayan Ikang Papa dan dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dari BEM FK Unud yang sekaligus membuka acara baksos HAN 2017. Acara dilanjutkan dengan penampilan tarian bali dari anak-anak asuh. Walaupun mereka memiliki keterbatasan pendengaran, tetapi dengan dipandu oleh temannya, mereka dapat melakukan tarian dengan baik dan lincah. Selanjutnya, anak-anak asuh diberikan materi mengenai PHBS dan Gizi oleh para voluntir, yaitu Mira Yuki dan Aris (PSKM 2016)

Penyampaian materi diawali dengan pemutaran video mengenai PHBS, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh voluntir. Setelah pemaparan materi selesai, anak-anak asuh melakukan praktek mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan materi yang disampaikan. Setelah sesi materi PHBS, anak-anak asuh menikmati snack dari Nature Cake yang merupakan sponsor kegiatan HAN 2017. Acara selanjutnya adalah pemberian materi mengenai Gizi oleh voluntir. Sama seperti pemberian materi PHBS, sesi materi Gizi diawali dengan pemutaran video mengenai Gizi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh voluntir. Setelah pemaparan materi, anak-anak asuh dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian mereka diberikan sebuah games yang berhubungan dengan pemaparan materi gizi yang telah diberikan. Meskipun  mereka memiliki keterbatasan, anak-anak panti asuhan Kesayan Ikang Papa menyimak seluruh materi dan mengikuti games yang diberikan dengan baik dan sangat antusias.

Kegiatan Bakti Sosial dalam rangka HAN 2017 ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari panitia kepada Panti Asuhan Kesayan Ikang Papa yaitu dua buah tong sampah. Kemudian, panitia memberikan piagam penghargaan sebagai simbolis ucapan terima kasih kepada pihak panti yang telah bersedia bekerjasama untuk terlaksananya kegiatan Bakti Sosial HAN 2017. Selain itu, panitia juga memberikan sumbangan berupa uang, buku dan alat tulis. Acara pun diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh pihak panti, anak asuh dan panitia.