Capacity Building
Capacity Building DK KMP-KIA
Februari 19, 2017
0

IMG_4509Capacity Building Divisi Khusus Komunitas Mahasiswa Peduli Kesehatan Ibu dan Anak merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan Divisi Khusus KMP-KIA setiap tahunnya yang bertujuan untuk merekrut anggota baru DK KMP-KIA serta membentuk kader – kader mahasiswa yang peduli akan kesehatan ibu dan anak. Pada tahun ini Capacity Building KMP – KIA diadakan pada tanggal 18 Februari 2017 di ruang 3.2 gedung Timur Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Capacity Building dihadiri oleh calon anggota DK KMP – KIA sebanyak 23 orang dimana yang terdaftar sebagai anggota sebanyak 30 orang. Dalam kegiatan CB ini 7 mahasiswa tidak hadir. Capacity Building yang dihadiri oleh calon anggota DK KMP – KIA, akan diberikan pembekalan materi oleh 2 orang pembicara.

Acara capacity Building dimulai pada pukul 08.00 WITA bertempat di ruang 3.1 Gedung Timur FK Unud dimana semua peserta melakukan registrasi terlebih dahulu. Acara pembukaan dimulai pada pukul 08.35 WITA yang dibuka oleh MC. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan – sambutan. Dimulai dari sambutan ketua panitia yang diwakili oleh ketua panitia dari Komunitas Mahasiswa Peduli Bahaya Tembakau (KMPT), lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua HMKM, dan sambutan oleh Ketua BEM yang diwakilikan oleh Sekretaris BEM FK Unud. Sambutan terakhir diberikan oleh Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat sekaligus membuka acara Capacity Building.

Pemberian materi I di ruang 3.2 Gedung timur FK Unud oleh Ni Luh Putu Suariyani, SKM., Mhlth & Int Dev yang dimoderatori oleh Ni Luh Putu Ari Handayani. Materi yang dibawakan mengenai Kesetaraan Gender dan Kesehatan Ibu dan Anak selama 45 menit. Kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab selama 15 menit. Pada sesi Tanya jawab terdapat 5 orang peserta yang berkesempatan untuk bertanya kepada pembicara. Kemudian materi sesi I berakhir dengan pembacaan kesimpulan oleh peserta CB dan penyerahan plakat kepada pembicara.

Materi II dibawakan oleh dr. Ni Wayan Arya Utami, M.App Bsc, Phd yang dimoderatori oleh Ni Luh Widyasari. Materi yang disajikan tentang Gizi pada Ibu Hamil yang dimulai pada pukul 10.10 Wita. Pemberian materi berlangsung selama 45 menit dan dilanjutkan oleh sesi Tanya jawab selama 15 menit. Pada sesi I terdapat 3 orang penanya, dan pada sesi II terdapat 2 orang penanya. Pemberian materi II berakhir dengan pembacaan kesimpulan dari peserta CB dan penyerahan plakat kepada pembicara.

Sebelum dilanjutkan dengan sharing materi dengan Ketua KMP-KIA periode 2016/2017, diberikan waktu ishoma kepada peserta selama 45 menit. Dilanjutkan dengan acara sharing pengalaman oleh Ni Luh Putu Desy Ari Nuryanthi selama 30 menit dan dilanjutkan dengan 15 menit sesi Tanya jawab. Acara sharing diakhiri dengan pemberian plakat dan foto bersama peserta CB. Dengan berakhirnya sesi foto maka berakhir juga acara capacity Building DK KMP-KIA. Acara ditutup oleh MC dan berakhir pada pukul 12.30 WITA.

IMG_4508