A.K.A
“CWC dan VIDEO PROMOSI KESEHATAN”
April 24, 2017
0

Creative Writing Competition (CWC) AKA PSKM 2017 yang berlangsung pada tanggal 22 April 2017 bertempat di ruang kuliah 3.01 Gedung Timur Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Creative Writing Competition (CWC) tahun ini mengambil tema “Melalui Kesehatan Pariwisata Kita Wujudkan Wisata yang Aman, Nyaman dan Berkesinambungan”. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 dan diawali dengan registrasi para peserta lomba. Acara dibuka bersamaan dengan Lomba Video Promosi Kesehatan oleh Dr. dr I Made Jawi, M.Kes, selaku Wakil bidang kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana yang ditandai dengan pemukulan pelantang sebanyak tiga kali. Setelah acara pembukaan, finalis lomba Creative Writing Competition (CWC) tetap berada di Ruang Kuliah PSKM 3.1 sedangkan finalis Lomba Video Promosi Kesehatan menuju Ruang Kuliah PSIK 3.01.

          Peserta lomba esai ini diikuti oleh 46 peserta dan hanya 8 peserta yang lolos untuk menuju ke babak presentasi dan akan dipilih menjadi juari I,II,III, dan presentasi terbaik yang ditetapkan oleh dewan juri. Finalis 8 besar yang lolos yaitu Ni Kadek Dwi Yanti Aggreni, dengan judul “Aspek-aspek Pendukung Kesehatan Lingkungan Pariwisata” dari Universitas Udayana, Made Suda Cakra Wibawa dengan judul “ Masker Travel Inovasi Pencegahan Tuberkolosis Paru di Bali” dari SMA N1 Tabanan, Komang Tri Farmani dengan judul “ Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan di Bali Guna Mencegah Perkembangan Vektor Penyakit J E (Japanese Ensefalitis) Mengingat Bali merupakan Destinasi Pariwisata Alam yang Cukup Terkemuka di Tingkat Nasional maupun Dunia” dari IIK Medika Persada Bali, Kadek Darmawan dengan judul “Tingginya Angka Kecelakaan Lalu Lintas dan Upaya Meningkatkan Keamanan Berlalu Lintas Wisatawan di Kawasan Wisata Ubud” dari SMA N 1 Blahbatuh, Gusti Aditya Trisna Murti dengan judul “Kebun Mai Organik Bali (KMOB) dalam Mendukung Pariwisata Kuliner Bali yang Sehat” dari SMA N 1 Gianyar, Ni Kadek Widya Kristyanti dengan judul “ Penerapan PBT ( Perternakan Babi Terpadu) guna mengatasi Penyakit Meningitis Streptococcus Suis (MSS) di Bali” dari SMA N 1 Tabanan, Komang Wahyu Kurniawan dengan judul “Tim Penyu Patroli ( Penyuluhan Penjual Kuliner dan Patroli Harian) wujudkan Pariwisata yang Bersih dan Sehat” dari SMA N 4 Denpasar, dan AA Ayu Puty Andriana dengan judul “ Wisatawan dan Masyarakat Lokal sebagai Faktor Risiko Kesehatan Pariwisata di Bali” dari SMA N 3 Denpasar. Juri yang menilai hasil Creative Writing Competition yaitu: Dosen PSKM, Sang Gede Purnama, S.KM. , M.SC. , Kepala Bagian Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Bali, Dian Nardiani, S.KM. , M.PH. , Staff Pengajar Fakultas Pariwisata Udayana, Fanny Maharani Suarka, STT.Par. , M.Par.

          Creative Writing Competition (CWC) AKA PSKM 2017 memenuhi TUK sebanyak 26 peserta sedangkan peserta yang terdaftar sebanyak 46 peserta. Durasi presentasi dilakukan selama 8 menit dan sesi tanya jawab 12 menit. Setelah sesi presentasi dan tanya jawab berakhir, panitia segera merekap hasil penilaian juri yang dilakukan disaat para peserta melakukan ishoma di ruang kuliah 3.1 dan dewan juri melakukan ishoma di ruang siding. Setelah perekapan nilai selesai, dewan juri dipersilahkan kembali oleh panitia untuk mengikuti sesi pengumuman juara dan penutupan acara.

          Berdasarkan perekapan nilai yang dilakukan, Creative Writing Competition (CWC) yaitu : juara I dimenangkan oleh Gusti Aditya Trisna Murti dengan judul “Kebun Mai Organik Bali (KMOB) dalam Mendukung Pariwisata Kuliner Bali yang Sehat” dari SMA N 1 Gianyar, juara II dimenangkan oleh Komang Tri Farmani dengan judul “ Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan di Bali Guna Mencegah Perkembangan Vektor Penyakit J E (Japanese Ensefalitis) Mengingat Bali merupakan Destinasi Pariwisata Alam yang Cukup Terkemuka di Tingkat Nasional maupun Dunia” dari IIK Medika Persada Bali, juara III dimenangkan oleh Made Suda Cakra Wibawa dengan judul “ Masker Travel Inovasi Pencegahan Tuberkolosis Paru di Bali” dari SMA N1 Tabanan, dan presentasi terbaik dimenangkan oleh Ni Kadek Widya Kristyanti dengan judul “ Penerapan PBT ( Perternakan Babi Terpadu) guna mengatasi Penyakit Meningitis Streptococcus Suis (MSS) di Bali” dari SMA N 1 Tabanan. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam kepada pemenang lomba oleh ketua panitia. Ketua Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, dan Perwakilan Dewan Juri. Para pemenang lomba juga diundang untuk menghadiri  acara malam puncak AKA PSKM 2017 pada tanggal 29 April 2017 untuk mengambil piala dan hadiah yang telah ditentukan. Setelah itu, Creative Writing Competition (CWC) dan Lomba Video Promosi Kesehatan secara resmi ditutup.