BIDANG IV
“KEGIATAN MUSKERWIL 3 ISMKMI BALI”
Mei 16, 2016
0

m Selama 4 hari mulai tanggal 12-15 Mei 2016 bertempat di Hotel Mahajaya, Ubung Denpasar dilaksanakan kegiatan Musyawarah dan Rapat Kerja Wilayah (Muskerwil) 3 ISMKMI 2016 dimana untuk kedua kalinya PSKM FK Unud sebagai tuan rumah penyelenggaranya. Masuk sebagai program kerja Bidang 4 ( bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Luar HMKM FK Unud, Muskerwil 3 ISMKMI tahun ini mengambil tema “ Melangkah dan Mengabdi Bersama Keluarga ISMKMI Wilayah 3 Sebagai Generasi Penerus Bangsa yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi” diikuti oleh 19 institusi Kesmas di wilayah 3 ISMKMI (Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB, dan NTT). Muskerwil 3 ISMKMI ini  terdiri dari 5 rangkaian kegiatan antara lain LKTI (Public Health Competition Wilayah 3), Seminar  Nasional, Musyawarah Wilayah, Rapat Kerja Wilayah, dan City Tour.

  • LKTI

Presentasi finalis LKTI Public Health Competition Wilayah 3 2016 dengan tema “Peran Generasi SKM dalam Menghadapi SDGs” dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Mei 2016. Presentasi finalis LKTI ini diikuti oleh 10 tim yang sudah dinyatakan lolos pada tahap seleksi  sebelumnya yang antara lain berasal dari Universitas Jend Soedirman, Universitas Negeri Malang, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Udayana. Acara dimulai pukul 09.00 WITA dan diawali dengan pembukaan yang diisi dengan laporan Kadiv Litbang ISMKMI periode 2015-2016 yaitu IGK Chandra dan Wakorwil 3 ISMKMI periode 2015-2016 yaitu Wirabuana Putra sekaligus membuka acara. Selanjutnya dilaksanakan techical meeting, pengundian urutan presentasi, presentasi dari masing-masing tim, dan ditutup denganpenyerahan plakat pada dewan juri dan sesi foto bersama. Adapun dewan juri pada prestasi finalis LKTI terdiri dari Dr. dr. Partha Muliawan, M.Sc(OM); dr. Anak Agung Sagung Sawitri, M.PH; dan Desak Nyoman Widyantini, S.SiT, M.Kes. Pemenang LKTI PHC wilayah 3 diumumkan keesokan harinya pada Jumat, 13 Mei 2016 bertepatan dengan Seminar dan Pembukaan Muskerwil 3 ISMKMI. Juara 1 diraih oleh tim dari Universitas Udayana dengan judul “Potensi Traffic Food Labelling dalam Kantin Sehat sebagai Upaya Mengurangi Risiko Obesitas pada Pekerja Kantoran”, juara 2 diraih oleh tim dari Universitas Jend Soedirman dengan judul “Reusable MFP (Menstrual Flanel Pad) Inovasi Pembalut sebagai Pendukung SGDs Kesehatan Reproduksi Remaja dan Upaya Mengurangi Limbah Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah”, dan juara 3 diraih oleh tim dari Universitas Negeri Malang dengan judul “Aplikasi Green Tower Tanaman Tepat Guna Upaya Pereduksi Polutan di Industri Surabaya”.

 ,

  • SEMINAR DAN  PEMBUKAAN

Seminar Nasional ISMKMI Wilayah 3 dan Pembukaan Muskerwil 3 ISMKMI 2016 dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Mei 2016 bertempat di Ruang Surya Hotel Mahajaya Denpasar. Seminar Nasional yang mengambil tema “Tantangan Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam Kesehatan Pariwisata di Era MEA” menghadirkan tiga pembicara yaitu pembicara pertama dr. Ady Wirawan, M.PH. PhD yang merupakan kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unud yang membahas peran profsi kesehatan dalam upaya kesehatan pariwisata, pembicara kedua dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali yaitu  Ni Ketut Nuriani, S.H, M.H selaku Kabid Sumber Daya Pariwisata yang meembahas berbagai kebijakan dan tantangan kepariwisataan di Bali, dan pembicara terakahir oleh Dr. Ni Made Eka Mahadewi, M.Par., CHE yang merupakan Deputy Director for Academic Affairs of Bali Tourism Institute yang membahas Medical Tourism: From Health, Wellness, Spa Tourism to Culinary and Ergonomic Tourism.

hu IMG_2356Kegiatan seminar yang berlangsung 4,5 jam yaitu dari pukul 08.00 – 12.30 Wita  dihadiri oleh beberapa undangan diantaranya Pembantu Rektor 1 Universitas Udayana, pembantu  Dekan 3 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Sekretaris Jendral dan DPN ISMKMI,  Kordinator Wilayah 3 ISMKMI, para peserta dari intitusi Kesmas di Wilayah 3 ISMKMI dan mahasiswa lainnya. Adapum susunan acara seminar nasional ikatan senat mahasiswa kesehatan masyarakat Indonesia wilayah 3 yaitu diawali dengan acara pembukaan yang dibuka secara langsung pembantu Rektor 1, Prof. Dr. drh I Made Damriyasa, MS. Selanjutnya di lanjutkan dengan pemaparan materi dan sesi tanya jawab antar pembicara dan peserta seminar. Acara penutup dilanjutkan dengan pengumuman juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Public Health Competition wilayah 3 ISMKMI 2016

  • MUSWIL

Musyawarah Wilayah 3 ISMKMI mulai dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Mei 2016 pukul 14.30 WITA hingga hari Sabtu, 15 Mei 2016 pukul 17.00 WITA di Ruang Surya Hotel Mahajaya, Ubung Denpasar diikuti oleh 107 delegasi yang berasal dari 19 institusi Kesmas di Wilayah 3 ISMKMI. Muswil 3 ISMKMI terdiri dari sidang pleno dan sidang komisi untuk membahas beberapa agenda internal wilayah 3 ISMKMI antara lain merumuskan rekomendasi muswil, evaluasi laporan pertanggungjawaban pengurus wilayah 3 ISMKMI, pemilihan dan penetapan Kordinator Wilayah 3 ISMKMI terpilih periode 2016-2017, serta pemilihan tuan rumah Muswil 3 ISMKMI 2017 yang dipimpin oleh Rendi Hendrawan dari UMS selaku presidium 1, Kholid Saifulloh dari Undip selaku presidium 2, dan Desy Nur Imawati dari UMS selaku presidium 3. Berdasarkan hasil Muswil 3 ISMKMI maka terpilih Muhammad Asyrovi Assegaf (Univ. Udayana) sebagai Kordinator Wilayah 3 ISMKMI periode 2016-2017 dan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo sebagai tuan rumah Muskerwil 3 ISMKMI 2017.

  • RAKERWIL

Rapat Kerja Wilayah 3 ISMKMI mulai dilaksanakan hari Sabtu, 14 Mei 2016 pukul 19.00 hingga Minggu, 15 Mei 2016 pukul 10.30 WITA. Rakerwil terdiri dari beberapa agenda yaitu pemilihan pengurus ISMKMI wilayah 3 dan kordinator daerah periode 2016-2017 serta pembahasan rencana strategis wilayah 3 ISMKMI periode 2016-2017 yang dibagi menjadi 4 komisi membahas pengorganisasian manajemen keuangan dan pendanaan, UU Nakes dan keprofesian Kesmas, KIA, SJSN dan Implementasi BPJS, Siaga Bencana, Kespro, Aksesi FCTC, KTR di kampus, Pengawalan dan Penerapan PP No 109 tahun 2012 dan Perda KTR di daerah, RUU Pertembakauan, Anggaran Kesehatan, dan Narkotika yang dipimpin langsung oleh Korwil terpilih Muhammad Asyrovi Assegaf. Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman dan pelantikan pengurus ISMKMI Wilayah 3 periode 2016-2017 dipimpin oleh Korwil terpilih serta pengumuman pemenang nominasi award pengurus ISMKMI Wilayah 3 periode 2015-2016 oleh demisioner Korwil dan Kadiv PSDM wilayah 3 ISMKMI.c

  • PENUTUPAN DAN CITY TOUR

Musyawarah dan Rapat Kerja Wilayah ISMKMI Wilayah 3 yang telah dimulai sejak Kamis,12 Mei 2016 akhirnya berakhir pada Minggu, 15 Mei 2016. Setelah melakukan sidang dan rapat selama beberapa hari tiba saatnya pada acara penutupan pada hari terakhir Minggu, 15 Mei 2016 pukul 10.30 WITA dimana dalam penutupan kali ini diawali dengan penyerahan AWARD ISMKMI Wilayah 3 yang dipandu langsung oleh demisioner pengurus ISMKMI Wilayah 3. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Koor Rohani, setelah itu acara kembali dilanjutkan dengan pemberian sambutan. Adapun dalam pemberian sambutan pada penutupan kali ini diberikan oleh Ketua BEM FK Unud, Koordinator Wilayah 3 ISMKMI Terpilih, Sekretaris Jenderal ISMKMI, dan Sekretaris Program Studi Kesehatan Masyarakat, dr. Nopi yang pada penutupan tersebut mewakili Ketua Program Studi, dr. Ady yang berhalangan hadir. Setelah pemberian sambutan kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali yang menandakan telah berakhirnya musyawarah dan rapat kerja wilayah 3 ISMKMI oleh dr. Nopi, dan didampingi oleh ketua HMKM, Ketua BEM FK Unud, Demisioner Koordinator Wilayah 3 ISMKMI,  Koordinator Wilayah 3 ISMKMI Terpilih, DPN ISMKMI Wilayah 3, dan Sekretaris Jenderal ISMKMI. Tidak sampai disitu saja masih ada beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pemberian plakat dan piagam kepada 19 instansi yang telah mengikuti kegiatan Musyawarah dan Rapat Kerja Wilayah ISMKMI Wilayah 3 kali ini, juga pengumuman mengenai kegiatan City Tour ke beberapa lokasi wisata yang direncakan. Acara penutupan ini selesai pada pukul 12.45 WITA dan diakhiri dengan foto bersama oleh seluruh delegasi.

Pada akhir kegiatan dari Musyawarah dan Rapat Kerja Wilayah ISMKMI Wilayah 3, Minggu 15 Mei 2016, para delagasi diberikan kesempatan untuk lebih mengenal pulau Bali, khususnya kota Denpasar. Para delegasi diajak untuk melakukan kegiatan City Tour dimana pada kesempatan ini para delegasi akan mengunjungi Pantai Sanur, Monumen Bajra Sandi, dan pusat oleh-oleh Erlangga dengan menggunakan bus, dan peserta dibagi kedalam 3 bus sesua intansi masing-masing. Kegiatan City Tour rencananya dilaksanakan pada pukul 12.30 WITA akan tetapi karena para delagasi tidak tepat waktu untuk bersiap-siap, serta makan siang acara City Tour mengalami keterlambatan dan baru berjalan pada pukul 13.30 WITA. Keterlambatan City Tour ini mengakibatkan salah satu lokasi yang ingin dikunjungi terpaksa dibatalkan tepatnya ke Pantai Sanur, akan tetapi hal tersebut sama sekali tidak menyurutkan antusias peserta untuk tetap mengunjungi lokasi lainnya. City Tour pertama yaitu berkunjung ke Monumen Bajra Sandi, Renon Denpasar. Walaupun cuaca yang panas peserta dan panitia sangat bersemangat masuk ke dalam Monumen Bajra Sandiuntuk menikmati melihat-lihat dan menambah pengetahuan mereka mengenai kota Denpasar. Selama 45 menit mengelilingi Monumen Bajra Sandi, melihat-lihat dan berfoto di tempat-tempat terntentu, akhirnya seluruh peserta berkumpul untuk melakukan foto bersama. Pada pukul 15.15 City Tour dilanjutkan menuju pusat belanja oleh-oleh Erlangga yang ada di Jalan Nusa Kambangan, Denpasar. Setelah perjalan ditempuh selama 15 menit akhirnya peserta sampai ke tempat tujuan, diberikan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit untuk berbelanja oleh-oleh. Dalam kegiatan ini peserta sangat antusias dan dapat dilihat dari banyak makanan ataupun benda lain yang mereka beli sebagai buah tangan. Pada pukul 17.00 WITA peserta sudah diharapkan berada di dalam bus, tetapi karena banyaknya barang yang dibeli serta padatnya pengunjung di Erlangga dan antrean kasir yang panjang, peserta baru berada di bus masing masing pada pukul 17.30 WITA. Setelah semua peserta sudah berada di dalam bus kemudian peserta dibawa menuju Universitas Udayana, Kampus Sudirman untuk diantarkan ke Bandara Ngurah Rai atau Terminal Ubung untuk menlajutkan perjalanan masing-masing menuju kota asalnya.