Article
“MAKANAN DAN MINUMAN PENANGKAL PENYAKIT DEMAM BERDARAH”
Juni 10, 2016
0

Oleh: Sagung Ratu

Penyakit DBD atau demam berdarah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini berasal dari gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti. Nyamuk Aedes aegypti ini merupakan pembawa virus dari penyakit Demam Berdarah. Cara penyebarannya melalui nyamuk yang menggigit seseorang yang sudah terinfeksi virus demam berdarah. Virus ini akan terbawa dalam kelenjar ludah si nyamuk. Kemudian nyamuk ini menggigit orang sehat. Bersamaan dengan terhisapnya darah dari orang yang sehat, virus demam berdarah juga berpindah ke orang tersebut dan menyebabkan orang sehat tadi terinfeksi virus demam berdarah.

demam-berdarah

Ada beragam faktor yang menyebabkan nyamuk jenis ini dapat berkembang biak, salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan lingkungan.  Tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan Demam Berdarah. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan salah satunya, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa membantu melawan penyakit ini. Apa saja itu? Berikut merupakan makanan dan minuman yang efektif melawan penyakit Demam berdarah:

  • Jeruk : Buah jeruk diperkaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan zat antibodi tubuh. Hal ini pada akhirnya akan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, buah jeruk juga bisa membantu kesehatan pencernaan penderita demam berdarah.
  • Daun papaya : Menurut para dokter, daun pepaya adalah makanan yang baik bagi pasien DBD karena dinilai efektif dalam melawan virus demam berdarah. Mengonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara alami dalam mengobati penyakit demam berdarah.
  • Teh herbal : Para penderita demam berdarah juga disarankan untuk mengonsumsi teh herbal. Teh herbal merupakan salah satu minuman terbaik untuk meredakan demam. Hal ini karena teh herbal umumnya diperkaya jahe dan kapulaga.
  • Air kelapa : Pasien demam berdarah biasanya rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, minum air kelapa merupakan cara yang baik untuk mengisi ulang mineral dan elektrolit yang hilang ketika tubuh mengalami dehidrasi.
  • Jus Sayuran : Jus sayuran juga termasuk salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita demam berdarah. Jus sayuran yang dimaksud adalah campuran antara mentimun, wortel, dan sayuran hijau lainnya. Para ahli mengatakan bahwa jus yang berbahan dasar sayuran organik mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pasien demam berdarah.
  • Jus buah : Selain jus sayuran, jus buah yang kaya akan vitamin C juga memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh akan memberikan dampak positif terhadap proses pemulihan. Kalian bisa membuat jus buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, jambu biji, atau blewah. Kalian juga bisa mengonsumsi jus lemon yang dinilai efektif dalam mengusir racun dari dalam tubuh akibat virus demam berdarah.
  • Susu : Susu mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin, protein, dan mineral kompleks. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berguna dalam melawan virus penyebab demam berdarah.
  • Bubur : Ketika anda ingin melawan virus penyebab demam berdarah, salah satu makanan terbaik adalah bubur. Bubur menyediakan sumber energi bagi tubuh pasien DBD. Selain itu, bubur termasuk makanan yang paling mudah dicerna dan mengandung sejumlah manfaat kesehatan.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman tersebut kita harus tetap menjaga pola hidup lingkungan yang bersih dan sehat serta selalu rajin membersihkan tempat penampungan air agar terhindar dari gigitan nyamuk. Karena, Demam Berdarah tidak dapat dianggap sebagai penyakit ringan. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Maka, tindakan pencegahan dan selalu waspada terhadap penyakit ini dapat melindungi orang-orang yang kalian kasihi dari bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD.

 

http://www.artikelkesehatan99.com/demam-berdarah-dan-segala-informasinya/%20/t%20_blank