Article
Sudah Ergonomiskah Komputermu?
Desember 20, 2018
0

Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi hal biasa, mulai dari institusi pemerintahan hingga pendidikan akrab bekerja menggunakan komputer. Dalam menggunakan komputer banyak orang merasa cepat lelah dan mudah merasa nyeri padahal baru menggunakannya sekitar 1-2 jam saja, hal itu mungin saja terjadi jika komputer yang digunakan tidak ergonimis. Dalam bekerja menggunakan komputer prinsip-prinsip ergonomis juga diterapkan untuk menghindari kedidaknyamanan yang apabila tidak ditangani bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang bisa terjadi adalah nyeri punggung dan nyeri pada pergelangan tangan. Gangguan kesehatan tersebut dapat meempengaruhi kinerja pekerja dan juga perusahaan, seperti menambah biaya medis dan juga para pegawai bisa mengambil cuti yang akan menguangi produktivitasnya. Oleh karena itu diterapkanlah prinsip-prinsip ergonomis pada penggunaan komputer meliputi :

Pengaturan Area Kerja

Pengaturan area kerja sangat berpengaruh pada kenyamanan para pekerja. Pengaturan area kerja meliputi pengaturan meja, tempat dokumen dan segala penyimpanan barang-barang yang sering digunakan. Meja sebaiknya diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan postur badan, penyimpanan dokumen atau naskah yang sering dibaca sebaiknya diletakkan dekat komputer.

Pengaturan Kursi

Pengaturan kursi merupakan yang penting untuk para pekerja yang menggunakan komputer karena kursi menyangga hamper semua bagian tubuh pekerja selama bekerja menggunakan komputer. Dalam memilih kursi perlu diingan beberapa point penting yang meliputi :

  • Stabilitas kursi ,pilihlah kursi yang berbasis 5 poin agar memudahkan para pekerja bergerak disekitar area kerja dan kursi berbasis 5 poin lebih stabil
  • Jenis kursi yang digunakan haruslah nyaman dan empuk serta bisa menyangga bagian punggung serta leher pekerja.
  • Memiliki sandaran lengan agar lengan pekerja yang lelah berada diatas keyboard dan mouse dapat beristirahat.
  • Ketinggian kursi yang digunakan haruslah sesuai dengan postur tubuh agar tidak terlalu tinggi dari meja atau terlalu rendah, dan posisi kaki tidak terlalu jauh dari lantai. (OR-OSHA.2005)

Pengaturan Monitor, Keyboard, dan Mouse

  • Monitor yang digunakan harus ditempatkan sejajar dengan mata agar para posisi leher pekerja tidak terlalu menunduk dan untuk pengguna kacamata posisi monitor boleh ditempatkan pada posisi yang lebih rendah dari mata .Tingkat kecerahan serta kontras layar komputer juga harus diperhatikan. Jarak layar ke mata pekerja adalah 18-24 inci. (Compensation Board.2007)
  • Posisi keyboard dan mouse juga berpengaruh pada kenyamanan serta produksivitas pekerja. Letakkan keyboard dan mouse ditempat ternyaman untuk digapai oleh tangan anda. Saat mengetik atau memegang mouse luruskan pergelangan tangan anda untuk menghindari rasa sakit karena waktu kerja yang lama. (Knoll Inc.2006)

 Istirahat Sejenak Dengan Olahraga Ringan

Istirahat di sela-sela pekerjaan yang melelahkan di depan komputer tentu saja sangat diperlukan. Ada beberapa bentuk olahraga ringan yang bisa anda ikuti :

  1. Pergelangan tangan/ lengan bawah
  • Letakkan kedua tangan di sebelah kanan dan kiri kursi kerja anda dan gerakkan seperti gerakan mengocok.
  • Letakkan kedua tangan diatas meja dan pertemukan kedua telapak tangan dan mulai gerakkan telapak tangan kebawah hingga merasakan peregangan.
  • Luruskan salah satu lengan dan lekukkan pergelangan tangan kebawah seperti gambar dibawah dan dilakukan dengan pergelangan tangan lainnya.
  1. Peregangan Bahu atau Lengan
  • Tarik lengan kanan keaarah berlawanan. Dengan tangan kiri tarik perlahan sampai menyentuh tubuh bagian kiri, lakukan selama 5 mnt setiap tangannya.
  • Kepala rileks menghadap kedepan, Tekan bahu perlahan-lahan dan naikkan ke atas (ke arah telinga), tahan selama 1-2 detik (Posisi A). Regangkan bahu dengan menurunkan lengan, posisi jari mengarah kebawah. Ulangi dari posisi A ke posisi B
  • Letakkan kedua tangan dibelakang kepala, regangkan ke belakang perlahan-lahan,, sampai punngung sedikit melengkung. Tahan selama 6-10 detik, dan berhenti sejenak selama 5-10 detik dan ulangi.
  1. Peregangan Punggung Atas
  • Rentangkan kedua tangan lurus di depan dada setinggi bahu, kunci telapak tangan menghadap ke luar tubuh.
  • Jaga postur tubuh tegak menghadap ke depan sampai punggung dan bahu atas merasa ada peregangan, tahan selama 5-10 detik.
  • Angkat dan regangkan kedua lengan keatas, tetap pertahankan posisi lengan lurus dan kedua tangan terkunci. Jaga perut ketat agar punggung belakang tidak menekuk. Bernafas normal dan tahan sampai 10 detik.
  1. Peregangan Leher
  • Duduk tegak dengan dagu lurus
  • Perlahan lahan tekuk kepada kearah bahu sampai terasa peregangan
  • Tahan selama 5 detik, ulangi dengan ke arah lainnya.
  1. Mengistirahatkan Mata

Bekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan :

  • Metode 20 – 20 – 20
    Setelah didepan fokus monitor selama 20 menit, alihkan padangan mata ke obyek sejauh 20 ft (6 meter), selama 20 detik.
  • Letakkan sikumu diatas meja,tutuplah matamu dan kembali tutup dengan kedua tanganmu. Biarkan posisi ini selama 30 detik, bukalah secara perlahan. (Compensation Board.2007)

 

 

Sumber :

Compensation Board-Alberta. (2007). Office Ergonomic: Think Detection, Thing Prevention, Think Activity, Workers’ Compensation Board-Alberta. Alberta.

Knoll Inc. (2006). Office Ergonomics Handbook. New York.

OR-OSHA. (2005). Evaluating your computer Workstation. Departement Of Concumer business & Services.