KMP-KIA
“TALKSHOW KESEHATAN IBU DAN ANAK”
November 30, 2016
0

Talkshow Kesehatan KMP-KIA HMKM FK Unud 2016 merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Divisi Khusus KMP-KIA HMKM FK Unud. Tahun ini permasalahan yang diangkat, yaitu mengenai penularan HIV/AIDS khususnya pada ibu hamil ke anaknya. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan memberikan informasi serta  edukasi kepada masyarakat mengenai penularan HIV/AIDS dari ibu hamil ke anaknya. Adapun tema yang diangkat pada kegiatan tersebut, yaitu : “Melalui Pencegahan Penularan dari Ibu ke Anak (PPIA) Kita Wujudkan Generasi Sehat Bebas HIV/AIDS”. Talkshow kesehatan ini dilaksanakan di Ruang Teater Widyasabha FK Unud, JL. P.B Sudirman, Denpasar pada hari Minggu, 27 November 2016.

Kegiatan talkshow kesehatan ini dimulai dari pukul dari pukul 08.00 Wita dengan diawali dengan registrasi peserta, undangan, dan pembicara. Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia Talkshow Kesehatan KMP-KIA 2016, sambutan dari Ketua HMKM, Ketua BEM, Kaprodi PSKM FK Unud yang diwakilkan oleh dr. NI Made Sri Nopiyani, MPH selaku sekretaris prodi PSKM FK Unud. Sambutan dari beliau sekaligus membuka acara talkshow kesehatan KMP-KIA HMKM FK Unud 2016 secara resmi yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali, pukulan gong pertama dilakukan oleh sekretaris prodi dilanjutkan oleh pembina Divisi Khusus KMP-KIA, dan yang terakhir oleh Ketua Panitia, serta didampingi oleh Ketua HMKM, dan Ketua BEM. Selain sambutan tersebut, acara seminar tersebut dibuka juga dengan penampilan Tari Merak Angelo serta Choir HMKM FK Unud dari perwakilan mahasiswi PSKM 2015 dan PSKM 2016. Adapun pembicara pada kegiatan talkshow kesehatan ini berjumlah tiga orang, yaitu pembicara pertama adalah dr. Ketut Suarjaya, MPPM selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Pembicara kedua adalah dr.A.A.N. Jaya Kusuma, SpOG (K) MARS selaku Ketua Divisi Fetomaternal Obgin FK Unud/RSUP Sanglah. Pembicara ketiga adalah Ns. Ika Widi Astuti, M.Kep., Sp.Kep.Mat dari Keperawatan Maternitas PSIK FK Unud. Selain itu, terdapat seorang moderator yang memandu pembicara dan acara sesi tanya jawab setelah pemaparan materi dari ketiga pembicara diatas, yaitu Ni Made Dian Kurniasari, SKM.,MPH.

Setelah sesi tanya jawab selesai, peserta dipersilakan untuk menikmati makan siang yang telah disediakan oleh panitia. Penutup dari acara seminar kesehatan ini, peserta talkshow kesehatan akan mendapat piagam peserta karena telah berpartisipasi dalam acara tersebut.