Uncategorized
Tanam Pohon dan Bersih Pantai GEMARI (Gerakan Manggrove Lestari)
Juli 22, 2010
0

Gemari atau Gerakan Manggrove lestari merupakan salah satu rangkaian acara Pro Darding (Program Sadar Lingkungan) .Acara gemari ini merupakan acara penanaman pohon bakau yang bertempat di Tanjung benua Yang dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2010. Kegiatan tanam bakau yang dilaksananakan sekitar pukul 15.00 Wita ini diadakan oleh Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan Himpunana Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (KMPL HMKM) Fakultas kedokteran.yang di koordinir  oleh anggota Bidang I (HMKM) yaitu  Ady Mulyanto yang sekaligus menjadi Ketua Panitia dalam kegiatan ini.  Dalam kegiatan GEMARI ini peserta berasal dari berbagai pihak diantaranya berasal dari Ilmu Kesehatan Masyarakat, Dosen dan Pegawai, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran, Himpunan Mahasiswa, BSO, PPLH, Perwakilan mahasiswa Universitas Udayana, siswa tingkat menengah dan kalangan umum. Jumlah seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini CUKUP BANYAK  sekitar 150 orang.

Gerakan Manggrove lestari (GEMARI) selain bekerjasama dengan pihak sponsor yang telah menbantu, Gemari juga bekerjasama dengan The Manggrove Information Center (MIC). Bentuk kerjasama tersebut berupa bibit yang diberikan oleh pihak MIC sebanyak 500 bibit dan juga ajir serta kelengkapan lainnya yang sangat membantu dalam mensukseskan Kegiatan  ini. Bibit yang diberikan adalah bibit jenis tanaman bakau yang memiliki habitat di daerah rawa-rawa berair yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Tidak hanya tanam bakau saja yang dilaksanakan pada kegiatan  tanggal 28 Mei 2010 ini, setelah melakukan tanam bakau di sekitar pantai tanjung benoa, peserta juga diarahkan untuk melakukan bersih pantai di sekitaran lokasi penanaman. Dalam aksi bersih pantai ini belasan karung sampah dapat di kumpulkan oleh peserta GEMARI diantaranya terdapat sampah organic dan anorganik yang terbawa arus sampai Tanjung benoa.  Selain itu pada saat istirahat peserta Gemari di hibur dengan games-games yang menarik sehingga tercipta suasana yang menyenangkan di tengah cuaca yang  semakin panas.

Selain untuk merealisasikan Program kerja, kegiatan yang dilakukan KMPL HMKM Fakultas kedokteran Unud ini juga merupakan salah satu media edukasi dan promosi kesehatan lingkungan yang patut ditiru masyarakat agar dapat melestarikan bumi lebih lama lagi.