CAPACITY BUILDING PERIODE 2021/2022 DK KMP KIA HMKM FK UNUD
Maret 21, 2021
0

     Kegiatan Capacity Building Divisi Khusus Komunitas Mahasiswa Peduli Kesehatan Ibu dan Anak periode 2021/2022 dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Maret 2021 melalui aplikasi Cisco Webex Meetings. Peserta yang hadir dalam Capacity Building DK KMP KIA tahun ini sebanyak 62 peserta yang merupakan anggota dari DK KMP KIA angkatan 2020.

     Capacity Building merupakan salah satu program kerja rutin yang diadakan setiap tahun oleh Divisi Khusus KMP KIA HMKM FK Unud. Tahun ini, Capacity Building DK KMP KIA mengangkat tema “Risk Of Pregnancy: Increase Awareness About Side Effects on Young Age During a Pandemic”. Kegiatan Capacity Building DK KMP KIA ini bertujuan untuk menambah pengetahuan peserta tentang risiko kehamilan usia dini, serta mengkaderisasi anggota – anggota DK KMP KIA yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat FK Unud agar kedepannya dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan – kegiatan yang diadakan oleh DK KMP KIA.

     Kegiatan ini diawali dengan doa dan laporan dari ketua panitia Capacity Building KMPT & KIA oleh Ni Putu Angieta Agripina, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, yaitu sambutan dari Ketua HMKM, sambutan dari Ketua BEM FK Unud, serta sambutan dari Koordinator Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, yaitu dr. I Made Ady Wirawan, S.Ked., M.P.H, Ph.D yang sekaligus membuka kegiatan Capacity Building KMPT & KIA 2021 secara resmi.

     Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi – materi kepada peserta. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Ni Putu Widarini, S.KM., M.P.H mengenai risiko kehamilan pada usia muda. Sebelum dimulai pemberian materi pertama, diadakan pre-test terlebih dahulu untuk para peserta terkait materi pertama. Setelah pemberian materi pertama selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan post-test. Pemberian materi kedua disajikan oleh Kepala DK KMP KIA periode 2020/2021, Ni Kadek Muliarsi mengenai sejarah DK KMP KIA dan pengalamannya selama menjadi pengurus DK KMP KIA. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah pemberian materi oleh pembicara berakhir, maka dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada kedua pembicara tahun ini. Sebelum dilakukan agenda penutupan, diadakan sesi ice breaking terlebih dahulu melalui Kahoot dan untuk peserta yang memperoleh nilai tertinggi atas nama Ni Luh Putu Lina Febriana mendapat hadiah berupa pulsa sebanyak Rp 25.000,00. Dengan berakhirnya sesi ice breaking, maka berakhir pula Capacity Building DK KMP KIA periode 2021/2022.

CB DK KMP KIA_210321_0 CB DK KMP KIA_210321_1 CB DK KMP KIA_210321_2