Pengabdian Masyarakat Ajang Kreativitas Akbar 2023
Desember 2, 2023
0

Pengabdian Masyarakat Ajang Kreativitas Akbar 2023

Setiap tahunnya, HMKM FK Unud mengadakan kegiatan Ajang Kreativitas Akbar (AKA) 2023. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan Ajang Kreativitas Akbar pada tahun ini, yaitu Pengabdian Masyarakat, Webinar Kesehatan, Jalan Sehat, dan Acara Puncak. Rangkaian kegiatan yang pertama dilaksanakan, yaitu Pengabdian Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring yang bertempat di SMP Widya Sakti dengan mengusung tema “REKAT (Remaja Sehat Indonesia Kuat)”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini membahas mengenai pentingnya pemenuhan gizi remaja serta faktor penting dalam pemenuhan gizi pada remaja sehingga dapat tumbuh secara optimal. Kegiatan ini dihadiri oleh 153 siswa kelas 8 dan 30 guru-guru serta pegawai dari pihak SMP Widya Sakti. Adapun yang hadir dari pihak penyelenggara, yaitu Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sebanyak 24 dosen, 32 volunteer, serta 39 panitia.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi yang diberikan oleh volunteer atau relawan dari mahasiswa aktif Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Sebelum dilaksanakannya pemberian edukasi, para peserta diharapkan untuk mengisi link Pre-Test untuk mengetahui pemahaman peserta terkait pentingnya pemenuhan gizi di masa remaja. Pre-Test dikerjakan oleh 53 perwakilan siswa yang membawa handphone, kemudian didapatkan hasil sebagian besar (88,7%) siswa menjawab kurang tepat pada Pre-Test melalui google form tersebut. Setelah Pre-Test terdapat edukasi dari volunteer dengan materi “Pentingnya Pemenuhan Gizi di Masa Remaja” yang dikolaborasikan dengan EMO DEMO. Dengan ini diharapkan peserta dapat memahami terkait apa itu gizi, masalah gizi remaja, serta empat pilar gizi seimbang. Untuk menutup sesi pemberian materi, diadakan Post-Test yang bertujuan untuk mengetahui seberapa paham siswa setelah diberikan materi edukasi oleh para volunteer. Post-Test dikerjakan oleh 53 perwakilan siswa yang membawa handphone, kemudian didapatkan hasil dari Post-Test ini, yaitu sebesar (94,3%) siswa sudah menjawab dengan tepat bahwa dalam faktor penting untuk pemenuhan gizi adalah memahami dan menerapkan perilaku sehat dan makan sesuai isi piringku. 

Setelah pemberian materi oleh volunteer, terdapat juga sesi Pengukuran Antropometri dan LILA yang dilakukan juga oleh volunteer kepada siswa/i SMP Widya Sakti. Hasil yang diperoleh dari pengukuran tersebut, yaitu dari 153 orang siswa SMP Widya Sakti mengalami Obesitas sebesar (14.37%), Kekurangan Gizi sebesar (11.11%), KEK sebesar (6.53%), dan siswa normal sebesar (67.97%).

Selain skrining kesehatan, terdapat juga tiga pos konsultasi oleh dosen, yaitu konsultasi gizi, konsultasi aktivitas fisik, serta pengukuran persentase lemak tubuh dan tekanan darah. Pos konsultasi oleh dosen ramai didatangi oleh guru dan siswa/i SMP Widya Sakti. Untuk mempertahankan antusias dari peserta, terdapat pos permainan oleh dosen yang diisi permainan ular tangga mengenai pencegahan DBD serta permainan ular tangga mengenai sanitasi lingkungan sehat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ditutup dengan sesi foto bersama oleh seluruh pihak yang ikut serta memeriahkan kegiatan ini. 

DSCF0238 IMG_7388 IMG_7651