HTTS
PRESS RELEASE BINCANG BERSAMA HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA 2021
Juni 13, 2021
0

     Hari Tanpa Tembakau Sedunia merupakan salah satu program kerja dari Divisi Khusus Komunitas Mahasiswa Peduli Bahaya Tembakau (DK KMPT) Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. World Health Organization (WHO) menetapkan peringatan HTTS pada tanggal 31 Mei. Dalam memperingati HTTS 2021, DK KMPT melaksanaan berbagai inovasi konsep kegiatan di setiap tahunnya. Puncak HTTS pada tahun 2021 dilaksanakan dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. HTTS tahun ini diselenggarakan secara online melalui kegiatan Bincang Bersama, Pematahan Replika Rokok, Penampilan mahasiswa PSSKM dan Ucapan HTTS 2021, yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 juni 2021 melalui tayangan live streaming di akun Youtube HMKM FK Unud pada pukul 14.00 WITA. Ada sebanyak 168 orang yang telah mengisi absensi dan disaksikan sebanyak 774 orang. Bincang Bersama tersebut mengusung tema “Commit to Quit Smoking for Healthy Child and Adolescent in order to Get A Healthy Life During the Pandemic”.

     Bincang Bersama Puncak HTTS 2021 ini bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Denpasar dan Udayana Central (Center for NCDs, Tobacco Control and Lung Health). Pembicara pertama pada Bincang Bersama Puncak HTTS 2021 ini adalah Bapak Putu Soni Kurniawan S.I.Kom. selaku Sub Koordinator Sie P2M BNN Kota Denpasar. Sedangkan pembicara kedua adalah dr. Putu Ayu Swandewi Astuti, S.Ked.,MPH.,Ph.D. selaku ketua Udayana Central. Acara ini dipandu oleh seorang moderator yang bernama Kadek Rosi Arista Dewi S.KM. Bincang Bersama ini telah terlaksana dengan konsep acara seperti adanya diskusi antara dua pembicara dan moderator. Dimana, para pembicara disajikan beberapa pertanyaan dari masyarakat umum oleh moderator terkait dengan tema Puncak HTTS tahun ini yang sebelumnya telah dirangkum melalui sistem QnA instagram HTTS 2021.

     Setelah kegiatan Bincang Bersama dilanjutkan dengan pematahan replika rokok sebagai bukti untuk mendukung berbagai upaya dalam mewujudkan kesehatan masyarakat, khususnya pengendalian bahaya rokok serta dukungan berhenti merokok sesuai dengan tema HTTS tahun ini. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari perwakilan mahasiswa PSSKM FK Unud yaitu dengan mempersembahkan Musikalisasi Puisi yang berjudul “Tunas yang Terbakar”. Adapun pada bagian akhir video terdapat penyampaian dukungan, pesan, saran, serta ucapan untuk memperingati HTTS 2021 oleh perwakilan pimpinan lembaga yang ada di lingkungan FK Unud, ISMKMI daerah Bali, dan Instansi Penyelenggara Pendidikan Kesehatan lainnya yang ada di Provinsi Bali diantaranya, Dekan FK Universitas Udayana, Koordinator Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat FK Unud, Pembina DK KMPT HMKM FK Unud, Ketua Udayana Central, Presiden BEM PM Unud, Ketua BEM FK Unud, Ketua HMKM FK Unud, Kepala DK KMPT HMKM FK Unud Periode 2021/2022, Kepala DK KMPT HMKM FK Unud Periode 2020/2021, Kepala DK KMPT HMKM FK Unud Periode 2019/2020, Perwakilan Steering Committee HTTS 2021, Ketua Divisi TCD ISMKMI Daerah Bali, Presiden BEM Universitas Dhyana Pura, Ketua BEM Poltekkes Denpasar, Ketua BEM Universitas Bali Internasional, dan Ketua BEM ITEKES Bali.

     Dengan diadakannya Bincang Bersama dalam memperingati Puncak HTTS 2021 ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya para generasi muda mengenai bahaya dari tembakau dan produknya yakni rokok. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan komitmen masyarakat khususnya generasi muda untuk berhenti menjadi perokok aktif maupun pasif mengingat dampak yang ditimbulkan oleh rokok itu sendiri terutama di masa pandemi Covid-19, serta menciptakan masyarakat yang tanggap terhadap masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok guna meminimalisasikan jumlah perokok khususnya perokok anak dan remaja.