WEBINAR KESEHATAN AKA TAHUN 2023
Desember 2, 2023
0

WEBINAR KESEHATAN AKA TAHUN 2023

Kegiatan AKA (Ajang Kreativitas Akbar) yang diselenggarakan oleh HMKM FK Unud selanjutnya adalah Webinar Kesehatan. Dengan adanya webinar kesehatan diharapkan para peserta dapat menambah ilmu, relasi, pengalaman serta pengetahuan sesuai bidang yang akan dibawakan oleh pembicara. Pelaksanaan kegiatan Webinar AKA tahun 2023 ini mengangkat tema Healthy Lifestyle: Greater Mind and Greater Health”. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh civitas akademika dan masyarakat umum (di luar lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana). Panitia pelaksana kegiatan Webinar ini adalah Mahasiswa PSSKM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Angkatan 2022.

Webinar AKA Tahun 2023 berlangsung pada hari Sabtu, 11 Maret 2023 pada pukul 08.00 WITA hingga selesai. Kegiatan Webinar dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting bagi peserta dan luring bagi panitia. Kegiatan diawali dengan pembukaan, doa, sambutan-sambutan, dan kegiatan inti. Kegiatan webinar dibuka langsung oleh koordinator Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, dr. Putu Ayu Swandewi Astuti, S.Ked, MPH, Ph.D. Webinar rahun ini menghadirkan dua pembicara yang memiliki latar belakang sesuai dengan bidang yang dikuasai serta tema yang diangkat dalam kegiatan webinar ini. Jalannya kegiatan webinar dipandu oleh seorang moderator, yakni Kadek Ridoi Rahayu, S.KM., M.KM. Selanjutnya pemaparan materi berlangsung dalam dua sesi, yaitu sesi materi pertama oleh pembicara pertama, dr. Raissa Edwin Djuanda, M. Gizi, Sp.GK AIFO-K, dengan materi Knowledge of Healthy Eating. Penyampaian materi ini diharapkan nantinya peserta yang ingin menurunkan berat badan dapat menjaga pola makanan dengan baik dan sudah memiliki tubuh ideal agar dapat tetap menjaga asupan dan pola makan sehingga dapat terhindar dari risiko penyakit. Setelah penyampaian materi, terdapat sesi tanya jawab oleh peserta dan dilanjutkan dengan sesi ISBAMA. 

Kegiatan Webinar dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh pembicara kedua, yaitu Adi Saputra, S.KM., M.Fis, dengan materi Effectiveness of Physical Activity. Melalui materi kali ini diharapkan peserta webinar paham akan pentingnya olahraga secara teratur untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit tidak menular serta dapat meningkatkan kesehatan mental, kualitas hidup dan kesejahteraan. Setelah pemaparan materi juga diadakan sesi tanya jawab oleh peserta kepada pembicara. Total partisipan dalam kegiatan Webinar ini mencapai 400 orang. Pada akhir rangkaian kegiatan webinar dilakukan sesi games, pengundian doorpize dan awarding bagi peserta webinar. Kegiatan terakhir dilakukan dokumentasi dan dilakukan penutupan oleh MC.

Screen Shot 2023-03-11 at 10.30.37 Screen Shot 2023-03-11 at 08.50.36