Surat Biru Muda
Be kind and live a happy life
Agustus 26, 2018
0

SBMA. Ayu Ratna Wulandari, S.KM. : “Be kind and live a happy life”

A. Ayu Ratna Wulandari, S.KM. merupakan wanita kelahiran Denpasar, 08 Mei ini merupakan alumni angkatan tahun 2008 PSKM FK Unud. Selama beliau menjalani perkuliahan di PSKM FK Unud, tentu saja ada suka dan duka yang pernah ia rasakan. Menurut beliau, sukanya dalam perkuliahan yaitu PSKM tidak hanya membekali dirinya dengan pengetahuan, tapi juga dengan keterampilan untuk berorganisasi dan berbagi dengan sesama. Sedangkan duka yang pernah beliau rasakan yaitu saat harus melaksanakan remidian. Promosi kesehatan adalah peminatan yang ia pilih. Ia sangat tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan pendesainan, implementasi atau evaluasi program, dan juga merupakan passionnya untuk berkegiatan langsung dengan komunitas. Karenanya, beliau memilih peminatan promkes agar nantinya bisa bekerja sesuai dengan passion dan ilmu yang beliau miliki dapat digunakan untuk bersama-sama membawa perubahan yang baik di masyarakat. Kemudian ia menamatkan pendidikannya di PSKM FK Unud pada tahun 2012. Saat ini beliau bekerja di Yayasan Kemanusiaan Ibu Pertiwi atau disingkat dengan YKIP (www.ykip.org) sebagai Koordinator Program. Adapun prestasi yang pernah beliau raih, yaitu salah satunya pada tahun 2012 terpilih mewakili remaja IPPF Asia Timur, Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik/East and South-East Asia and Oceania Region (ESEAOR) di International Youth Summit, Norwegia, serta menulis untuk The Guardian: https://www.theguardian.com/society/2012/aug/17/sex-education-bali-community-approach.

A. Ayu Ratna Wulandari ini memiliki cita-cita hidup sehat dan bahagia. Wanita yang berasal dari Denpasar ini sangat gemar mengikuti organisasi saat menjadi mahasiswi. Dapat dilihat dari organisasi-organisasi yang pernah ia geluti, yaitu sebagai Anggota BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) FKM Unud, Anggota KMPL (Kelompok Mahasiswa Peduli Lingkungan), dan pernah menjabat sebagai Bendahara HMKM FK Unud. Ia mengikuti organisasi tersebut untuk mengisi waktu luang sehabis kuliah, sekaligus belajar berorganisasi. Selama mengikuti organisasi kemahasiswaan tersebut ia tidak pernah merasakan duka karena semua kegiatan dikerjakan bersama dengan teman-teman dan juga kerjanya kompak. Kesuksesan yang telah diraihnya ini tentu tidaklah lepas dari orang yang selalu memotivasinya. Orang tersebut tidaklah lain adalah “Ibu saya. Beliau merupakan gambaran dari sosok yang baik hati, pintar, pekerja keras, dan bertanggung jawab. She is perfect for me dan saya termotivasi untuk menjadi lebih baik dan baik lagi setiap harinya karena beliau” tutur wanita yang mempunyai hobi wisata kuliner ini.

Pesan dan motivasi A. A. Ayu Ratna Wulandari untuk mahasiswa PSKM saat ini yaitu “Standar sukses setiap orang itu berbeda-beda. Tergantung dari apa yang sedang dia kerjakan dan apa yang ingin dia raih. Intinya, passion and kindness in everything you do. Niscaya semesta akan mendukung kita. Takut, capek, gagal, minder, putus asa itu wajar. Nobody’s perfect. Asal jangan lupa untuk bangkit lagi. Jangan malu untuk bertanya, bercerita atau meminta pertolongan. Berkolaborasi dan berjejaring adalah hal yang sangat penting. You can never really work alone, don’t you? Unless during the exam 😊”. Terakhir, beliau perpendapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan PSKM saat ini sangat inovatif dan berkontribusi langsung bagi masyarakat. “Keren! Bangga sekali menjadi almamater PSKM Unud. Keep up the good work 😊” kata beliau untuk PSKM FK Unud.