Surat Biru Muda
Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, jika berusaha dan ikhlas menjalani
Desember 9, 2018
0

Dr. Ni Ketut Sutiari, SKM., M.Si

“Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, jika berusaha dan ikhlas menjalani”

SBM

Membicarakan soal sumbang pemikiran seorang dosen memang cukup banyak. Setiap kisah dosen pasti punya caranya sendiri dalam menunjukkan baktinya kepada dunia pendidikan. Sebut saja Ibu Sutiari atau dengan nama lengkap Dr. Ni Ketut Sutiari, SKM., M.Si. Beliau merupakan salah satu dosen di PSKM FK Unud.

Ibu Sutiari lahir di Singaraja, pada tanggal 26 Desember 1977 dan berasal dari Karangasem. Sekarang ia tinggal di Jalan Bhuana Graha I No. 56, Kerobokan Kaja, Badung. Beliau merupakan salah satu alumni Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) angkatan pertama Jalur Matrikulasi pada tahun 2001. Beliau mengatakan suka duka yang ia alami selama menjalani masa perkuliahan di PSKM FK Unud yaitu sangat bersyukur kuliah di Prodi Kesehatan Masyarakat Unud, karena telah diberikan kuliah oleh dosen-dosen yang expert di bidangnya, banyak pengalaman lapangan yang diajarkan kepadanya. Setelah menamatkan pendidikan sarjananya di PSKM FK Unud pada tahun 2003, Ibu Sutiari ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Wanita yang berusia 41 tahun ini mengaku mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3. Beasiswa pendidikan S2 dan S3 ia peroleh dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Beliau melanjutkan pendidikan S2 di Jurusan Gizi Masyarakat dan S3 di Jurusan Ilmu Gizi, Sekolah Pascasarjana Bogor, Institut Pertanian Bogor (IPB). Kemudian, beliau juga mengatakan bahwa beasiswa yang ia peroleh tersebut memiliki syarat yaitu dosen di PTN/PTS di seluruh Indonesia. Ibu Sutiari mengatakan bahwa peminatan gizi merupakan peminatan yang menarik dan basic beliau saat Diploma 3 adalah gizi. Sosok yang hobi membaca ini mengatakan PSKM yang sekarang sudah maju dan banyak prestasi yang diraih mahasiswanya. Ibu Sutiari juga pernah ikut berorganisasi yang dibuktikan dengan keikutsertaannya menjadi anggota Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia). Alasan ia mengikuti oraganisasi tersebut karena untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta perkembangan ilmu gizi. Dibalik segala pencapaian Ibu Sutiari hingga saat ini, tentu tidak terlepas daro orang-orang yang memotivasi beliau. Orang yang selama ini memotivasinya adalah orang tua, keluarga kecil, keluarga besar dan teman-teman.

Pesan dan motivasi kepada mahasiswa PSKM FK Unud yang masih menempuh pendidikannya yaitu “Belajar, berusaha, ikhlas untuk menjadi lebih baik”. Lalu, menurut beliau hal yang perlu di perbaiki di PSKM FK Unud saat ini yaitu fasilitas ruangan dan pendidikan, seperti perpustakaan dan akses internet yang masih perlu mendapat perhatian lebih. Kemudian untuk HMKM yaitu support ke mahasiswa baru dan adik-adik kelasnya agar mahasiswa baru memahami dengan baik PSKM serta support memilih peminatan dan tempat magang.